HALAMAN INI MENGANGKAT TENTANG ARTIKEL DAN OPINI PUBLIK TAHUN 2014

Senin, 16 Februari 2015

Penerapan Teknologi Informasi Komunikasi dalam Mendukung Smart City.

Oleh
 Juliant Eka. L, S.Kom

Peranan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) kini semakin signifikan seiring dengan transformasi kehidupan masyarakat dunia kearah informasi society. TIK saat ini telah menjadi salah satu infrastruktur utama dalam kehidupan masyarakat modern layaknya listrik, air, dan jalan. TIK berperan pula sebagai sumber daya produksi dan konsumsi manusia sekaligus sebagai piranti pendukung dan enabler dalam pelaksanaan kegiatan sehari-hari baik yang bersifat pemerintahan, industri, organisasi, maupun kemasyakatan.

TIK kini semakin signifikan seiring dengan transformasi kehidupan masyarakat dunia kearah informasi society, TIK saat ini telah menjadi salah satu infra struktur utama dalam kehidupan masyarakat modern layaknya listrik, air, dan jalan. TIK berperan pula sebagai sumber daya produksi dan konsumsi manusia sekaligus sebagai piranti  pendukung dan enabler dalam pelaksanaan kegiatan sehari-hari baik yang bersifat pemerintahan, industri, organisasi, maupun kemasyakatan.

Perkembangan dan kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang semakin pesat serta meluasnya perkembangan infrastruktur informasi global, telah merubah pola dan tata cara kegiatan bisnis perdagangan dan pemerintahan. Fenomena tersebut telah berdampak positif terhadap perkembangan TIK. Dalam konteks regional, perkembangan ini telah memberikan manfaat yang signifikan bagi kemajuan bangsa dan peningkatan daya saing nasional. Sedangkan dalam konteks global, negara-negara di dunia secara berkesinambungan terus berbenah dan mempersiapkan diri untuk dapat sesegera mungkin menjadi komunitas digital yang siap menghadapi berbagai tantangan perubahan.

Membangun kota cerdas tentu membutuhkan prasarana penunjang seperti perangkat teknologi dan sistem informasi teknologi. Teknologi Informasi dan Komunikasi berperan penting dalam pengelolaan smart city agar dapat memaksimalkan sumber daya yang ada. Dengan memaksimalkan sumber daya ini, diharapkan pelayanan kepada warga lebih efektif dan efesien. Dipergunakannya TIK dalam proses pembelajaran (e-education), pemerintahan (e-goverment), bisnis (e-business), dan lain-lain adalah bukti bagimana teknologi mampu mengubah pola tindak individu dan komunitas dalam berbagai aktifitas kegiatan sehari-hari.

Konsep Smart City.

Gagasan smart city lahir dari perusahaan IBM. Sebelumnya berbagai nama sempat dibahas para ahli dunia dengan nama digital cityatau smart city. Intinya smart city menggunakan teknologi informasi untuk menjalankan roda kehidupan kota yang lebih efisien. Selanjutnya IBM memperkenalkan konsep kota cerdas untuk Indonesia. Pada konsep yang dikembangkan ini, IBM menawarkan solusi berbasis teknologi informasi untuk optimalisasi layanan publik, utamanya di bidang transportasi, energi dan utilitas, pemeliharaan kesehatan, pengelolaan air bersih, keselamatan umum, layanan pemerintah dan pendidikan.

Konsep kota cerdas menempatkan kota sebagai sebuah ekosistem yang terdiri dari banyak subsistem untuk mengelola transportasi, energi, perniagaan, komunikasi dan sumber daya air. Subsistem-subsistem ini digabungkan untuk membentuk sebuah kesatuan yang terinterkoneksi dan saling mendukung.

Dengan konsep kota cerdas, pemerintahan daerah didorong untuk melakukan inovasi dan pembaharuan khususnya untuk pelayanan masyarakat yang berbasis teknologi informasi. Khusus tentang inovasi telah ada landasan hukumnya dalam UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Dalam Bab XXI bertajuk Inovasi Daerah. Dari Pasal 386 hingga Pasal 390 UU 23/2014.

Inovasi yang dimaksud dalam Pasal 386 adalah semua bentuk pembaharuan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah. Bentuk pembaharuan antara lain penerapan hasil ilmupengetahuan dan teknologi dan temuan baru dalampenyelenggaraan pemerintahan. Kebijakan inovasi daerah mengacu pada prinsip : (1)peningkatan efisiensi; (2)perbaikan efektivitas; (3)perbaikan kualitas pelayanan; (4) tidak ada konflik kepentingan; (5) berorientasi kepada kepentingan umum; (6)dilakukan secara terbuka; (7)memenuhi nilai-nilai kepatutan; dan (8)dapat dipertanggungjawabkan hasilnya tidak untuk kepentingan diri sendiri.

Inisiatif inovasi dapat berasal dari mana saja. Bisa dari kepala daerah, anggota DPRD, aparatur sipil negara, perangkat daerah atauanggota masyarakat. Prosedurnya segala inovasi daerah dituangkan dalam Peraturan Kepala Daerah dan dilaporkan kepada Mendagri.

Bahkan Pasal 388 ayat (11) menyatakan pemerintah pusat memberikan penghargaan dan/atau insentif kepada pemerintah daerah yang berhasil melaksanakan inovasi. Penghargaan baik diberikan kepada individu maupun perangkat daerah yang melakukan inovasi. Sebaliknya Pasal 389 menyebut “ Dalam hal pelaksanaan inovasi yang telah menjadi kebijakan Pemerintah Daerah dan inovasi tersebut tidak mencapai sasaran yang telah ditetapkan, aparatur sipil negara tidak dapat dipidana”.

Konsep smart city:
  1. Sebuah  kota  berkinerja  baik  dengan  berpandangan  ke  dalam  ekonomi, penduduk, pemerintahan, mobilitas, lingkungan hidup.
  2. Sebuah  kota  yang  mengontrol  dan  mengintegrasi  semua  infrastruktur termasuk jalan, jembatan, terowongan, rel, kereta bawah tanah, bandara, pelabuhan,  komunikasi,  air,  listrik,  dan  pengelolaan  gedung. Dengan begitu  dapat  mengoptomalkan  sumber  daya  yang  dimilikinya  serta merencanakan  pencegahannya.  Kegiatan  pemeliharaan  dan  keamanan dipercayakan kepada penduduknya.
  3. Smart  city  dapat  menghubungkan  infrastuktur  fisik,  infrastruktur  IT, infrastruktur  social,  dan  bisnis  infrastruktur  untuk  meningkatkan kecerdasan kota.
  4. Smart city membuat kota lebih efisien dan layak huni
  5. Penggunaan smart computing untuk membuat smart city dan fasilitasnya  meliputi  pendidikan,  kesehatan,  keselamatan  umum,  transportasi  yang  lebih cerdas, saling berhubungan dan efisien.
Smart City (Kota Cerdas)

Kota Cerdas adalah sebuah kota yang mampu mengetahui secara dini (unsur pintar, preventif) kebutuhan riil masyarakatnya sehingga senantiasa dapat terpenuhi /terantisipasi keinginan publik tersebut melalui beragam aplikasi dan inovasi teknologi informasi.

Menurut Suhono, Smart City merupakan pengembangan dan pengelolaan kota dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk menghubungkan, memonitor dan mengendalikan berbagai sumber daya yang ada di dalam kota dengan lebih efektif dan efisien untuk memaksimalkan pelayanan kepada warganya serta mendukung pembangunan yang berkelanjutan.

Smart City tersusun dari komponen-komponen/dimensi pendukung yakni : smart economy, smart people, smart governance, smart government, smart mobility, smart environment, dan smart living.

Ada 6 Dimensi/komponen smart city, yaitu:
1.     Smart economy
Smart economy atau ekonomi cerdas mencakup inovasi dan persaingan, jika semakin banyak inovasi-inovasi baru yang dikembangkan maka akan menambah peluang usaha baru dan meningkatkan persaingan pasar usaha/modal. Meningkatnya jumlah pelaku usaha mengakibatkan persaingan pasar menjadi semakin ketat. Sehingga inovasi-inovasi baru perlu diciptakan untuk mempertahankan eksistensi bisnis pelaku usaha tersebut.

2.      Smart mobility
Smart mobility termasuk pada transportasi dan pembangunan infrastruktur. Pembangunan infrastruktur diwujudkan melalui penguatan system perencanaan infrastruktur kota, pengembangan aliran sungai, peningkatan kualitas dan kuantitas air bersih, pengembangan system transportasi, pengembangan perumahan dan permukiman, dan peningkatan konsistensi pengendalian pembangunan infrastruktur. Dengan ketersediaan sarana/prasarana transportasi dan infrastruktur yang memadai akan meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

3.       Smart environment (lingkungan)
Lingkungan pintar berarti lingkungan yang bisa memberikan kenyamanan, keberlanjutan sumber daya, keindahan fisik maupun non fisik, visual maupun tidak,bagi masyarakat dan public. Menurut undang-undang tentang penataan ruang, mensyaratkan 30 % lahan perkotaan harus difungsikan untuk ruang terbuka hijau baik privat maupun public. Lingkungan yang bersih tertata merupakan contoh dari penerapan lingkungan yang pintar.

4.      Smart people (kreativitas dan modal)
Pembangunan senantiasa membutuhkan modal, baik modal ekonomi (economic capital), modal manusia (human capital) maupun modal sosial (social capital). Kemudahan     akses     modal     dan     pelatihan-pelatihan    bagi    UMKM   dapat meningkatkan kemampuan dan ketrampilan mereka dalam mengembangkan usahanya. Modal sosial termasuk seperti kepercayaan, gotong royong, toleransi, penghargaan, saling memberi dan saling menerima serta kolaborasi sosial memiliki pengaruh yang besar terhadap pertumbuhan ekonomi melalui berbagai mekanisme seperti meningkatnya rasa tanggungjawab terhadap kepentingan publik, meluasnya partisipasi dalam proses demokrasi, menguatnya keserasian masyarakat dan menurunnya tingkat kejahatan. Tata nilai ini perlu dipertahankan dalam kehidupan sosial masyarakat smart city.

5.      Smart living (kualitas hidup)
Berbudaya, berarti bahwa manusia memiliki kualitas hidup yang terukur (budaya). Kualitas hidup tersebut bersifat dinamis, dalam artian selalu berusaha memperbaiki dirinya sendiri. Pencapaian budaya pada manusia, secara langsung maupun tidak langsung merupakan hasil dari pendidikan. Maka kualitas pendidikan yang baik adalah jaminan atas kualitas budaya, dan atau budaya yang berkualitas merupakan hasil dari pendidikan yang berkualitas.

6.      Smart governance (pemberdayaan dan partisipasi)
Kunci utama keberhasilan penyelengaraan pemerintahan adalah Good Governance. Yaitu paradigma, sistem dan proses penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan yang mengindahkan prinsip-prinsip supremasi hukum, kemanusiaan, keadilan, demokrasi, partisipasi, transparansi, profesionalitas, dan akuntabilitas ditambah dengan komitmen terhadap tegaknya nilai dan prinsip “desentralisasi, daya guna, hasil guna, pemerintahan yang bersih, bertanggung jawab, dan berdaya saing”.

Smart City dirancang untuk meningkatkan kualiatas hidup orang-orang yang tinggal di kota. Pembangunan smart city akan dapat meningkatkan daya saing ekonomi, membangun masyarakat madani dan melestarikan lingkungan. Selain itu, melalui penggunaan teknologi terkini dalam memberikan pelayanan, pembangunan infrastruktur dapat memberikan pelayanan yang efektif dan murah.

Keberpihakan pemerintah daerah perlu ditingkatkan untuk mengembangkan wilayah-wilayah tertinggal sehingga wilayah-wilayah tersebut dapat tumbuh dan berkembang secara lebih cepat dan dapat mengejar ketinggalan pembangunan. Hal yang dapat dilakukan adalah membangun wilayah-wilayah tertinggal melalui peningkatan produktivitas dan pemberdayaan masyarakat, meningkatkan keterkaitan antara wilayah tertinggal dengan wilayah-wilayah pusat kota serta mengelola dan mengendalikan pemanfaatan sumber daya yang ada

Di indonesia sudah ada beberapa kota yang sudah menerapkan konsep smart city diantaranya:
1.    Bandung
2.    Balikpapan
3.    Makasar
4.    surabaya
5.    Jakarta
6.    Depok
7.    Bogor
8.    Aceh
9.    Sleman
10.    Bayuwangi

Bandung

  • Telah di bangun 5000 titik wifi tersebar di seluruh Kota Bandung
  • Menerbitkan kartu pintar  dalam program “Cashless Society” dimana nantinya warga Bandung dapat menggunakan perangkat non tunai seperti Smart Card untuk membayar transportasi umum atau berbelanja di pasar sehingga diharapkan transaksi pembayaran untuk masyarakat menjadi lebih efisien.
  • Program Open Data. Open Data adalah konsep tentang data yang tersedia secara bebas untuk diakses dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Data terbuka dalam kaitannya dengan pemerintahan adalah salah satu upaya untuk mendukung transparansi dan akuntabilitas, serta mendorong partisipasi masyarakat. Satu contoh dari program Bandung Open Data adalah aplikasi Sistem Informasi Taman Kota Bandung. Aplikasi ini akan memberikan informasi seputar taman yang berada di kawasan kota Bandung.
  • Aplikasi mobile "LAPOR!!" yang digunakan untuk menyampaikan pendapat serta penilaian masyarakat terhadap kinerja dari pimpinan mereka.
  • Memperbaiki fasilitas umum yang telah ada atau telah rusak dengan menambahkan sistem yang tertanam dalam fasilitas tersebut, sehingga fasilitas tersebut dapat dikontrol melalui komputer dan juga pemerintah lebih mudah untuk mengontrol masyrakat, contohnya tempat parkir dan juga kamera CCTV di tempat - tempat tertentu.
  • Bandung akan punya kota pintar yang akan dinamai Bandung Technopolis seluas 400 hektar. Kota pintar di Gede Bage itu nantinya akan menjadi prototipe penerapan smart city di Indonesia.

Balikpapan

  • Telah dibangun koneksi wifi 1000 titik.
  • Pembangunan data center terbesar di Indonesia
  • Pengembangan kampung digital di Balikpapan
  • Membangun pusat kreativitas digital (digital creative center), sebagai fasilitas berbasis teknologi canggih.
  • Balikpapan membangun perumahan digital Dengan layanan smart home , pelanggan dapat mengendalikan berbagai perangkat elektronik di rumah melalui handphone atau gadget lainnya. Termasuk juga dapat mengawasi kondisi rumah melalui IPO camera yang dikenal dengan layanan Indihome View

Makassar

  • Layanan aplikasi smart city yang bisa dimanfaatkan oleh pegawai pemerintah kota maupun oleh masyarakat Kota Makassar yaitu :
         -  E-Office, yang telah digunakan oleh 137 pengguna di seluruh SKPD  Makassar.    e-Office      memudahkan tatakelola korespondensi pemerintahan secara digital. Dengan menggunakan layanan    tersebut, penggunaan kertas bisa dipangkas, risiko pemalsuan surat diperkecil, dan semua historis dan log surat dapat terekam dengan baik.
     - E-Kelurahan yang sudah berjalan di 11 Kelurahan di Kecamatan Panakukang. E-Kelurahanmempermudah pengelolaan administrasi data kependudukan. Sebab, pencatatan dan pendataan administrasi untuk surat rujukan, surat keterangan, hingga surat pengantar dibuat secara elektronik yang datanya tersimpan dengan aman dan lengkap di server Telkom.
          - E-Puskesmas di 10 Puskesmas dan Dinas Kesehatan Kota Makassar. Melalui layanan ini pasien dapat melakukan registrasi online menggunakan NIK (Nomor Identitas Kependudukan) sebelum datang ke Puskesmas tertentu. Layanan ePuskesmas juga membuat Dinas Kesehatan semakin termudahkan dalam memonitor data kesehatan masyarakat.
          - Makassar Tidak Rantasa. Inilah media bagi masyarakat untuk menyampaikan keluhan ke pemerintah untuk ditindak lanjuti secara langsung. Seperti :mati lampu, jalan yang rusak, hingga lampu lalu lintas mati. Laporan masyarakat yang dilakukan melalui website atau aplikasi Android tersebut akan langsung diterima petugas terkait. Terakhir, Kuciniki (Saya Melihat Anda), yang merupakan aplikasi berbasis lokasi untuk memonitor kinerja staf pemerintahan. untuk segera disolusikan.
  • U-track ini hanya diaktifkan pada jam kerja di mana akan digunakan untuk para lurah terlebih dahulu. ia berharap agar pelayanan pegawai pemerintahan kota Makassar semakin baik. Masyarakat akan dibekali kartu pintar atau smart card. Kartu tersebut bisa multifungsi. Pertama, sebagai uang elektronik untuk bertransaksi di supermarket, hotel, restoran, rumah sakit, parkir, dan sebagainya. Nanti kartu itu juga bisa digunakan untuk transaksi di kendaraan umum. Tinggal diisi, saat transaksi saldonya akan berkurang dengan sendirinya. Dengan demikian, ke mana-mana warga Makassar tidak perlu membawa uang cash. Kedua, smart card berfungsi sebagai kartu akses pelayanan publik.
  • Pelayanan Home Care Mobil “Dottorotta” yang dilengkapi dengan GPS dan alat kesehatan pendeteksi jantung yang dapat melayani 5 pasien dalam sehari secara gratis.
  • Pelayanan kebersihan dengan mobil “Tangkasaki” yang dilengkapi dengan CCTS dan GPS agar mobilitasnya dapat di ketahui.

Surabaya

  • Keberhasilan Surabaya dalam Smart City Award 2011 dalam katerori penghargaan Smart Government adalah karena kota Surabaya sudah memenuhi rencana strategis teknologi informasi dan komunikasi, keterlibatan publik dalam pengambilan keputusan, sistem administrasi kependudukan, partisipasi warga, sistem administrasi perijinan, dan sistem monitoring area publik. Kota Surabaya juga layak mendapatkan penghargaan di kategori Smart Environment karena sudah terpenuhinya sistem peringatan dini bencana, sistem pengolahan sampah berbasis teknologi informasi, dan sistem pengawasan air berbasis teknologi dan penghargaan dalam kategori Smart Living yaitu lingkungan pintar itu berarti lingkungan yang bisa memberikan kenyamanan,Keberrlanjutan sumber daya,keindahan fisik maupun non fisik, visual maupun tidak,bagi masyarakat dan publik.lingkngan yang bersih tertata, RTH yang stabil merupakancontoh dari penerapan lingkungan yang pintar.
  • Semua sistem administrasi di Surabaya menggunakan sistem online, Dengan memanfaatkan teknologi internet, kata Risma, anggaran pemerintah daerah untuk birokrasi bisa dihemat. Sehingga pemangkasan yang terjadi dari sisi birokrasi bisa dialokasikan untuk kepentingan masyarakat.
  • Pemasangan wifi di setiap fasilitas umum.
  • Pembenahan internal pemerintah, memperbaiki kinerja pemerintah dan memiliki perhatian yang lebih pada pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Pembenahan kinerja pemerintah ini dilakukan dengan memperbaiki skill pegawai pemerintah dan peningkatan kinerja pemerintah dengan memanfaatkan Fase ini juga ditandai dengan pemanfaatan TIK yang masih dominan dalam lingkup internal Pemerintah Kota Surabaya sebagai suatu sarana membangun sistem pemerintahan yang lebih baik.
  • Penguatan modal social. program-program yang dilakukan Pemerintah Kota Surabaya yaitu 1) pembentukan kader dan fasilitator lingkungan sebagai upaya pengembalian kepercayaan masyarakat dan upaya memperbaiki kondisi lingkungan, 2) peresmian kampung-kampung unggulan sebagai upaya mengembalikan kepercayan masyarakat, 3) pembangunan Broadband Learning Center (BLC) untuk menyiapkan masyarakat melek teknologi, dan 4) diseminasi informasi secara aktif kepada masyarakat. Seiring dengan program-program tersebut, peningkatan kinerja pemerintah juga tetap berlanjut.
  • Pengembangan layanan eksternal pemerintah. berfokus pada pengembangan pelayanan publik berbasis TIK ketika masyarakat sudah dianggap lebih siap terhadap teknologi. Pemerintah Kota Surabaya berambisi untuk memberikan pelayanan yang lebih baik, lebih cepat, dan lebih mudah dengan bantuan teknologi. Pelayanan publik yang dikembangkan adalah dalam bidang pendidikan dengan aplikasi Digischool, pelayanan akses internet gratis kepada masyarakat, pemanfaatan media-media jejaring sosial (facebook dan twitter) dalam mendiseminasikan informasi.
  • Pengembangan    layanan   kota   berbasis   TIK.   Hal   ini   mendorong  Kota Surabaya untuk mengembangkan sistem penanggulangan bencana SEARS (Surabaya Early Warning System), Sistem transportasi cerdas ITS-ATCS, dan pengolahan sampah menjadi energi. Penggunaan TIK juga semakin banyak dan terus dikembangkan dengan beragam aplikasi dan layanan berbasis teknologi.

Jakarta.
  • Pembuatan portal smart city Makassar. Yang dilengkapi dengan 2 aplikasi yakni Qlue dan Cepat Respons Opini Publik (CROP). Qlue adalah aplikasi yang diperuntukan bagi warga kota Jakarta, sejenis sosial media yang memiliki sarana penyampaian aspirasi pengaduan real time. Aplikasi tersebut saat ini sudah dapat diunduh secara gratis melalui smartphone yang berbasis Android sedangkan CROP merupakan aplikasi yang hanya bisa diunduh oleh aparat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan aparat kepolisian.
  • Pemprov DKI juga telah menyiagakan 300 unit kamera pengawas yang disebar di berbagai penjuru Ibu Kota, baik di jalanan, sungai, maupun permukiman.Ruang kontrol 300 kamera pengawas berada di Balai Kota DKI Jakarta.
  • Menggunakan media social twitter untuk pelaporan masyarakat dalam hal pelayanan.
  • Aplikasi Swakita untuk smartphone Android bagi warga DKI Jakarta. Dapat mengirim pesan kepada lurah atas kejadian yang terjadi di lingkungan RT dan RW setempat. Pesan akan di terima oleh Lurah, bahkan kabarnya di monitor kantor gubernur DKI.
Depok

  • Aplikasi siaga banjir
  • Pembuatan peta tiga dimensi
  • Terintegritasnya teknologi dalam pelayanan, seperti pelayanan e-KTP, penerimaan pegawai, manajemen pajak dan keuangan, serta perijinan.
  • Tersedianya wifi gratis 158 titik khususnya di stasiun kereta api.

Bogor

  • Meluncurkan sistem online pembayaran dan pelaporan pajak non PBB dan BPHTB untuk perhotelan, restoran, spa, parkir dan sarana lainnya
  • Program lainnya yang akan dibuat oleh pihaknya adalah dapat mengakses rumah sakit secara online, sehingga ia dapat mengetahui berapa unit kamar yang tersedia.
  • Program yang dapat selaras dengan program prioritas Pemerintah Kota Bogor saat ini seperti mengatasi kemacetan.
  • Digitalisasi kota jasa, melalui berbagai kebijakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di lingkungan pemerintah.
  • Hasilnya memang cukup menggembirakan, bandwith Kota Bogor mencapai 40 Mbps pada tahun ini. Dan, targetnya naik dua kali lipat atau menjadi 80 Mbps pada tahun 2014. Jaringan fiber optic di Bogor sudah mencapai 17 titik, serta 93 titik terhubung jaringan wireless.
  • Dengan terbangunnya jaringan, akses pelayanan kepada masyarakat menjadi hal wajib yang dibuat dalam bentuk platform digital, termasuk pelayanan kesehatan, pendidikan, dan UKM. Khusus untuk pendidikan, saat ini sudah ada 38 sekolah yang memiliki hotspot. Tidak lupa Kota Bogor juga menyediakan fasilitas Wi-fi di beberapa ruang publik. “Saat ini, Taman Kencana sudah kami resmikan sebagai Taman Techno,” tutup Rozaki.

Aceh

  • Aplikasi Perizinan Online. Jadi, ke sistem BPJS Ketenagakerjaan
  • Aplikasi Public Complaint, yang sudah dibangun sejak 2008 ,aplikasi ini, memungkinkan setiap keluhan warga yang dikirim, baik lewat web, atau SMS akan langsung diterima oleh wali kota, wakil wali kota, dan sekretaris daerah yang diteruskan kepada SKPD (Satuan Kerja Perangkat Desa) terkait.
  • e-Kinerja adalah pengawasan kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bisa dipantau berbasis Teknologi Komunikasi dan Informasi (TIK) , aplikasi ini mengukur kinerja pegawai itu sampai mana, sehingga dapat menentukan prestasi kerja, siapa yang mendapatkan sesuatu (penghargaan) yang bekerja dengan baik.
  • Memiliki database jumlah pohon di Banda Aceh, untuk memastikan itu pohon harus tetap terjaga, jadi kalau ada yang memotong pohon, maka harus mengganti dengan 10 pohon untuk menggantikan satu pohon yang ditebang.
  • e-Warning system, yang dapat deteksi gempa apabila terjadi gempa di tempat lain.
  • e-Book adalah aplikasi mem-protect, bagaimana anak-anak itu hanya bisa membuka dan mengakses hanya apabila kalau mereka menggunkan flashdisk mereka sendiri.
  • e-Edukasi adalah memasang hotspot yang ada di setiap sekolah seluruh Banda Aceh.
  • Mendapatkan Digital Society Awards

Bayuwangi

  • Dinas Kependudukan, yaitu adanya database kependudukan yang dimiliki, diharapkan semua instansi sudah bisa atau memiliki aplikasi yang berbasis KK atau NIK sehingga terbentuk namanya Central Data
  • Bidang kesehatan , Banyuwangi punya layanan ambulans yang terhubung dengan server . Jadi saat dibutuhkan, masyarakat Banyuwangi cukup menghubungi satu nomor telepon, di mana pun lokasi mereka selanjutnya permintaan itu akan diarahkan ke lokasi ambulans terdekat.
  • Memasang 1.600 titik WiFi yang tersebar di tempat-tempat umum.
Pembangunan smart city akan dapat meningkatkan daya saing ekonomi, membangun masyarakat madani dan melestarikan lingkungan. Selain itu, melalui penggunaan teknologi terkini dalam memberikan pelayanan, pembangunan infrastruktur sehingga  memungkinkan memberikan pelayanan yang efektif dan murah.

Intinya, smart city adalah kota dengan gaya hidup yang lebih efisien, efektif, dan modern. Seperti pernah dikemukakan Managing Director CISCO Smart Cities International, Hardik Bhatt, dalam sebuah diskusi dengan komunitas IT dan pegiat ekonomi kreatif belum lama ini bahwa konsep pengembangan kota pintar tidak bisa hanya diwujudkan oleh salah satu pihak, melainkan seluruh komponen masyarakat, baik pemerintah, swasta, maupun warganya. Untuk itu diperlukan inisiatif-inisiatif dari para stakeholder untuk mewujudkannya. Penggabungan konsep digital dengan penguatan komunitas lokal untuk mewujudkan local-based application memainkan peran strategis dalam mewujudkan kota-kota pintar. Karena itu, sangat penting mewujudkan sebuah ekosistem smart cities yang melibatkan peran aktif pemerintah maupun masyarakatnya.

Sumber :
-    http://swa.co.id/technology/telkom-targetkan-smart-city-di-20-kota-besar
-    http://www.idsa.co.id/index.php?ef3499cb0222d075e4f8ebd6e7167c91ce4fb0de7172373186fcf6ee6c6b2f87
-    http://megapolitan.kompas.com/read/2014/12/16/08245031/Seperti.Apa.Cara.Kerja.Jakarta.Smart.City.
-    http://www.jawapos.com/baca/artikel/12444/smart-city-inovasi-wali-kota-makassar-moh-ramdhan-pomanto
-    https://faysouwakil12.wordpress.com/2014/06/27/surabaya-smart-city/
-    http://www.bsn.go.id/main/berita/berita_det/4836/Peran-Standar-mewujudkan-SMART-CITY#.VRuQGeGPv30
-    http://smartcityindonesia.blogspot.com/
-    https://ukyku.files.wordpress.com/2013/06/makalah_ksni_2013.pdf
-    http://www.infokomputer.com/tag/smart-city/
-    http://pemudatataruang.org/index.php/publikasi/artikel?start=36
-    http://www.mensobsession.com/article/detail2/786/smart-city-tak-lagi-sebuah-mimpi#sthash.ONp7SPHQ.dpuf
-    http://www.mensobsession.com/article/detail2/786/smart-city-tak-lagi-sebuah-mimpi#sthash.ONp7SPHQ.dpuf
-    http://www.mensobsession.com/article/detail2/786/smart-city-tak-lagi-sebuah-mimpi
-    http://m.kompasiana.com/post/read/708734/3/landasan-hukum-inovasi-kota-cerdas.html
-    http://lp3m.asia.ac.id/wp-content/uploads/2014/03/Wiwin-Purnomowati-dan-Ismini.pdf
-    http://blog.smartcityid.com/

1 komentar:

  1. QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 7 Permainan.
    • BandarQ
    • AduQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    • BB : 2B3D83BE
    Come & Join Us!

    BalasHapus